Selasa, 18 Mei 2010

Jalan di Pedalaman Blangpidie dan Jeumpa Rusak Parah

BLANGPIDIE - Jalan di kawasan pedalaman di Kecamatan Blangpidie dan Jeumpa, Aceh Barat Daya (Abdya) mengalami rusak parah. Sehingga, masyarakat yang berdomilisi di kawasan pedalaman itu mengeluh.


Pantauan Serambi, Sabtu (15/5) badan jalan yang rusak berat itu antara lain, jalan dari Desa Cot Jirat, Blangpidie menuju Desa Padang Geulumpang, Jeumpa. Kemudian jalan dari Padang Geumpang, Jeumpa menuju Ujong Padang, Susoh. Selanjutnya dari Desa Lueng Asan menuju Lueng Tarok, Blangpidie.

Bahkan kerusakan sangat parah dialami jalan Desa Lueng Tarok menuju Desa Asoe Nanggroe, Jeumpa sehingga sangat sulit dilintasi. Sepanjang jalan desa tersebut yang dulunya dilapisi aspal, kondisinya sekarang tidak kelihatan lagi. Permukaan aspal terkelupas hampir sepanjang jalan, kemudian muncul lubang besar dan kecil yang terendam air hujan, seperti lintas Lueng Tarok-Asoe Nanggroe.

Beberapa warga yang ditemui di lintasan itu menjelasan, kerusakan jalan sudah berlangsung lama, namun tidak pernah diperbaiki sehingga tingkat kerusakan semakin parah. Kondisi semakin diperburuk dengan musim hujan selama beberapa bulan terakhir.

Angkatan barang dan jasa dari ke kawasan pedalaman Kecamatan Blangpidie dan Jeumpa itu sangat terganggu. Kalau pun ada kendaraan yang masuk harus melewati jalan melingkar dari Ujong Padang, Susoh atau Guhang, Jeumpa.

Gangguan transportasi dari dan ke lokasi sangat dikeluhkan para petani yang menggarap lahan sawah di kawasan Desa Lueng Tarok, Asoe Nanggroe, Ujong Padang dan Cot Jirat. Pasalnya, saat panen raya baru-baru ini, angkutan beca mesin enggan masuk ke sana. “Petani terpaksa mengangkut hasil panen padi menggunakan sepeda motor,” kata Bukhari, salah seorang warga Lueng Tarok.

Informasi diperoleh Serambi, anggaran peningkatan jalan dari Lueng Asan-Lueng Tarok-Asoe Naggroe sudah tersedia dari provinsi tahun 2010. Tender sudah dilaksanakan, tapi pekerjaan belum terlaksana di lapangan.(nun)

SUMBER: http://www.serambinews.com/news/view/30800/jalan-di-pedalaman-blangpidie-dan-jeumpa-rusak-parah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar